Pesona Nusantara, Tetap Menghargai Budaya Indonesia di Tengah Pandemi

SMAS Katolik Cor Jesu (SMACO) merayakan Peringatan Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada tanggal 28 Oktober dengan mengadakan Pesona Nusantara secara rutin. Sebelum pandemi, acara ini dilaksanakan dengan berbagai macam kegiatan. Semua peserta didik, guru, dan karyawan SMACO mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia. 

Namun, pandemi memaksa kita untuk melakukan pembatasan jarak. Seakan tak kehilangan cara, Tim OSIS SMACO mengadakan berbagai lomba yang bisa diikuti seluruh peserta didik SMACO. Tujuan acara ini adalah menyadarkan peserta didik akan pentingnya budaya-budaya daerah di Indonesia yang berbeda-beda namun tetap satu, seperti semboyan Bhinneka Tunggal Ika. Walaupun mereka berasal dari daerah yang berbeda-beda, tanah air mereka tetap Tanah Air Indonesia, bangsa yang satu Bangsa Indonesia, dan bahasa yang satu bahasa Indonesia, seturut dengan semangat Sumpah Pemuda yang dikumandangkan 92 tahun yang lalu.

Lomba-lomba Pesona Nusantara yang diadakan, di antaranya adalah Lomba Yel-yel, Lomba Memasak, Lomba Memainkan Alat Musik, Lomba Tari Tradisional, dan Lomba Fashion Aksesoris. Dengan antusias, seluruh peserta didik mengikuti lomba-lomba tersebut. Yang unik dari lomba ini adalah peserta didik memanfaatkan teknologi sebaik mungkin. Pada Lomba Yel-yel, misalkan, jika biasanya Lomba Yel-yel dilakukan oleh sekelompok orang yang menyanyi atau meneriakkan ucapan semangat bersama, maka kali ini mereka harus merekam yel-yel sendiri dari rumah masing-masing kemudian video digabungkan bersama.

Tak hanya itu, peserta didik yang mengikuti Lomba Memainkan Alat Musik juga tak kalah uniknya. Ada salah satu peserta didik yang menggabungkan suara dari beberapa alat musik untuk membentuk irama satu lagu. Tak hanya audio saja yang menarik, tapi video juga dikemas sedemikian rupa sehingga menjadi lebih menarik.

Berikut ini pemenang Lomba Yel-yel
1.  XII MIPA sebagai Juara 1
2. X MIPA sebagai Juara 2
3. XI IBB sebagai Juara 3

Pemenang Lomba Memasak
1.  Belinda Vaniaprima (X IPS 1) sebagai juara 1
2. Desak Ayu Majesta & Nadia Theresia (XII MIPA) sebagai Juara 2
3.  Clara Beauty Wijaya (XII IPS 2) sebagai Juara 3

Pemenang Lomba Memainkan Alat Musik
1.  Ivan Samuel (XII IPS 3) sebagai Juara 1
2. Rafael Alexander (XI IPS 2) sebagai Juara 2
3. Gisela Herawati (X MIPA) sebagai Juara 3

Pemenang Lomba Tari Tradisional
1.  Rully Elpiani (X IBB) sebagai Juara 1
2. Catharina Michella Resubun (X IPS 1) sebagai Juara 2
3. Kyra Amanda Dushinca (XII IPS 2) sebagai Juara 3

Pemenang Lomba Fashion Aksesoris
1.  Jovanka Vania Graciella (XI IPS 2) sebagai Juara 1
2. Laurens Rangga (XI MIPA) sebagai Juara 2
3. Emanuela Aradella Ratu (X IPS 2) sebagai Juara 3

Selamat untuk para pemenang. Semoga dapat menginspirasi yang lain. Terima kasih atas usaha maksimal yang sudah diberikan. Semoga kita bisa terus menghargai budaya-budaya Indonesia. Semoga pandemi ini segera berakhir sehingga kita dapat bertemu pada acara Pesona Nusantara tahun depan. Forza Serviam!

Maria Tina Septiani

Klik untuk melihat foto lainnya

Share This Post

More To Explore

Berita

Entrepreneur Day Kelas XII Tahun 2023

“Menumbuhkan Semangat Wirausahawan Muda SMACO”   4 Desember 2023 merupakan hari Senin pertama setelah PAS (Penilaian Akhir Semester) ganjil 2023/2024 berakhir. Di hari tersebut seluruh

Pusat Layanan