Pembinaan  Kelas X: Untuk Apa Aku Sekolah?

Masa pandemi Covid-19 yang terjadi sekarang memang tidaklah mudah bagi semua orang, termasuk peserta didik. Mereka yang biasa belajar di sekolah terpaksa harus melakukannya dari rumah. Banyak sekali tantangan yang harus dihadapi peserta didik dalam menimba ilmu dari rumah. Terkadang di tengah kesulitan itu mereka cenderung putus asa dan berpasrah dengan keadaan. Untuk menghindari hal tersebut, SMAS Katolik Cor Jesu mengadakan pembinaan untuk peserta didik kelas X dengan tema “Untuk Apa Aku Sekolah?”. Kegiatan ini bertujuan untuk memotivasi peserta didik agar memiliki semangat belajar yang baru.

Kegiatan ini dilakukan secara daring pada hari Senin, 7 Desember 2020. Pemateri dalam kegiatan ini adalah Ibu Agatha, Kepala SMAS Katolik Cor Jesu. Tak lupa, kegiatan ini dibuka dengan meditasi dan doa. Kemudian dilanjutkan dengan penjelasan Ibu Agatha mengenai tema yang diangkat dalam kegiatan ini. Peserta didik diajak untuk melihat kondisi pelajar yang ada di daerah pelosok melalui foto-foto dan video yang ditampilkan. Begitu luar biasa perjuangan mereka untuk mendapatkan ilmu. Ibu Agatha berpesan kepada peserta didik untuk selalu bersyukur dengan situasi belajar dan fasilitas yang bisa mereka nikmati saat ini.

Setelah itu, peserta didik kelas X diajak menonton film “Laskar Pelangi” dan membuat refleksi dari film tersebut. Mereka belajar dari pengalaman sekelompok siswa yang berjuang untuk sekolah dari film tersebut. Tak hanya sekadar membuat refleksi, mereka juga diajak membagikan refleksi mereka kepada teman-teman satu kelas dan mendapatkan penguatan dari wali kelas mengenai materi dan film yang sudah mereka dapatkan.

Semoga kegiatan ini bisa menjadi motivasi bagi peserta didik kelas X dalam proses belajar, baik daring maupun luring. Dan semoga pandemi Covid-19 segera berakhir sehingga pembelajaran luring bisa terlaksana. Forza Serviam!

Maria Tina Septiani


Share This Post

More To Explore

Berita

Entrepreneur Day Kelas XII Tahun 2023

“Menumbuhkan Semangat Wirausahawan Muda SMACO”   4 Desember 2023 merupakan hari Senin pertama setelah PAS (Penilaian Akhir Semester) ganjil 2023/2024 berakhir. Di hari tersebut seluruh

Pusat Layanan