Merdeka Belajar : Guru-Guru SMACO Ikuti Pelatihan AKM Pengganti UN

Pada tanggal 16 dan 20 Oktober 2020, para guru SMAS Katolik Cor Jesu Malang mengikuti pelatihan AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) yang menjadi salah satu program kebijakan baru Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI) dalam Merdeka Belajar.


Peningkatan kompetensi peserta didik melalui AKM diharapkan mampu melahirkan generasi-generasi yang kreatif, berdaya nalar tinggi, juga memiliki karakter baik melalui penguatan dalam bidang numerasi, literasi, survei karakter, dan survei lingkungan belajar. AKM sebagai pengganti UN ini mulai gencar disosialisasikan di sekolah-sekolah, tidak terkecuali di SMAS Katolik Cor Jesu Malang.Guru – guru SMACO sebagai komunitas pembelajar yang kritis, kreatif, dan inovatif tentu tiada pernah berhenti untuk terus belajar. Selama 2 hari para guru SMACO dibimbing oleh Ibu Sri Kaeni, M.Pd., (salah satu Pengawas sekolah di Kota Malang) dalam menyusun soal-soal sesuai standar AKM. Berbagai ilmu baru didapatkan langsung oleh para guru SMACO melalui pelatihan ini.

Hasil dari pelatihan ini akan langsung diterapkan kepada peserta didik SMA Cor Jesu. Tentunya sebagai pendidik yang baik harus menerapkan pada diri sendiri terlebih dahulu baru kepada peserta didik. Oleh sebab itu, melalui pelatihan ini, para guru SMACO terus beradaptasi dengan jenis-jenis soal AKM yang terbilang baru dan menggantikan jenis soal pilihan ganda yang telah bertahun-tahun diterapkan dalam pembuatan soal ujian di Indonesia.

Jenis-jenis soal AKM diharapkan mampu mengakomodasikan pikiran siswa melalui soal berbentuk uraian, setuju-tidak setuju dengan alasan logis, kecermatan memahami grafik dan tabel, hingga pilihan ganda kompleks (lebih dari satu jawaban). Perspektif peserta didik dalam menjawab soal juga didukung dengan visualisasi konteks dan konten yang menarik dan berkaitan dengan hal-hal kekinian sehingga membuat pembelajaran menjadi pembelajaran kontekstual atau pembelajaran bermakna. Hal inilah yang akan menjadi PR dan tantangan bagi seluruh pendidik negeri, tentunya bagi guru-guru SMACO pula.

Penilaian bermutu, kunci pendidikan bermutu, terang Bu Sri Kaeni Mengakhiri sesi pelatihan AKM bersama guru-gurus SMACO. Semoga trasnformasi UN ke AKM menjadi titik baru menuju Indonesia yang lebih berkualitas. Diharapkan mutu pendidikan di Indonesia semakin meningkat dan semakin menumbuhkan para orang muda yang cakap, kristis, dan berkarakter baik.

Fransiska Yuni A., S.Pd.

Share This Post

More To Explore

Berita

Entrepreneur Day Kelas XII Tahun 2023

“Menumbuhkan Semangat Wirausahawan Muda SMACO”   4 Desember 2023 merupakan hari Senin pertama setelah PAS (Penilaian Akhir Semester) ganjil 2023/2024 berakhir. Di hari tersebut seluruh

Pusat Layanan