Lebih Dalam tentang PLS (Pengenalan Lingkungan Sekolah) di SMAS Katolik Cor Jesu

SMAS Katolik Cor Jesu mengadakan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) untuk peserta didik baru kelas X. Kegiatan tahunan ini bertujuan untuk memperkenalkan sekolah, baik pembelajaran, kegiatan, peraturan, maupun lingkungannya kepada peserta didik baru.

Harapannya, mereka bisa mulai beradaptasi dengan lingkungan sekolah yang baru. Selain itu, mereka juga bisa mengenal lebih dekat guru dan teman-teman yang akan menemani kegiatan belajar mereka.

Pada tahun ini, kegiatan PLS dilaksanakan secara daring (dalam jaringan) selama tiga hari, Senin, 13 Juli 2020 sampai Rabu, 15 Juli 2020. Hari pertama, peserta didik kelas X mengikuti pembukaan PLS secara daring yang bisa disaksikan melalui Live Streaming via Youtube. Lalu, selama tiga hari, mereka mendapatkan materi yang berbeda-beda tiap kelasnya.

Materi pertama yang didapatkan peserta didik baru kelas X adalah “Sekolah Kita”. Materi ini disajikan oleh Bapak Indra. Yang sangat menarik adalah beliau mengajak peserta didik baru untuk melakukan tur virtual sekolah. Mereka yang belum pernah melihat lingkungan sekolah secara langsung sangat antusias mengikuti tur virtual ini.

Materi kedua adalah “Cara Belajar di SMA”. Materi ini disampaikan oleh Bapak Ardi. Beliau mengajak peserta didik baru kelas X untuk mengenal cara belajar di SMAS Katolik Cor Jesu, terutama saat pembelajaran daring. Layanan yang digunakan adalah G-Suite, yang meliputi Google Classroom, Google Meet, Google Drive, dan lain-lain. Selain itu, mereka juga diberi kiat-kiat untuk mengakses jurnal ilmiah secara online melalui situs pendidikan tertentu.

Materi ketiga adalah “Tata Tertib” yang disampaikan oleh Bapak Edi, selaku Tim Tata Tertib. Beliau menjelaskan tata tertib yang berlaku di SMAS Katolik Cor Jesu. Kemudian, materi terakhir adalah “Kurikulum” yang disampaikan oleh Bapak Vivid. Peserta didik diberikan gambaran tentang kurikulum yang akan mereka gunakan dalam pembelajaran. Mereka juga mendapatkan gambaran tentang perbedaan antara pembelajaran luring dan daring yang akan mereka lakukan.

Kegiatan PLS setiap harinya diakhiri dengan melakukan refleksi. Peserta didik menyimpulkan materi yang didapat setiap harinya. Pada hari terakhir, mereka mengikuti evaluasi bersama Wali Kelas masing-masing. Tujuannya, agar peserta didik bisa memberikan pesan dan kesan selama mengikuti PLS.

Semoga peserta didik kelas X bisa segera menyesuaikan diri dengan sistem pembelajaran dan memaksimalkan kemampuan mereka di SMAS Katolik Cor Jesu. Forza Serviam!

Maria Tina Septiani

Share This Post

More To Explore

Berita

Entrepreneur Day Kelas XII Tahun 2023

“Menumbuhkan Semangat Wirausahawan Muda SMACO”   4 Desember 2023 merupakan hari Senin pertama setelah PAS (Penilaian Akhir Semester) ganjil 2023/2024 berakhir. Di hari tersebut seluruh

Pusat Layanan