Sharing Budaya: Lebih Dekat dengan Timor Leste dan Madura

Bhinneka Tunggal Ika itulah yang menjadi semboyan negara Indonesia yang sekaligus tercermin di SMAK Cor Jesu Malang. Para siswa yang berasal dari berbagai daerah yang ada di Indonesia telah membentuk kelompok sesuai asal derahnya masing-masing.

Pada hari Jumat, 13 Oktober 2017, giliran Timor Leste dan Madura yang mempresentasikan dan menampilkan budaya mereka.

Sharing budaya ini diikuti oleh seluruh warga SMAK Cor Jesu dan dilaksanakan di aula Cor Jesu. Penampilan mereka juga dinilai oleh para juri dengan kriteria penilaian kelancaran penyampaian informasi, kekayaan budaya yang disampaikan, dan kreativitas penampilan yang disajikan. Pantas saja, kelompok dari Timor Leste begitu kompak dengan kaus merah berbintang yang melambangkan bendera Timor Leste. Mereka juga menyanyikan lagu Kebangasaan Timor Leste dan diakhiri dengan tepuk tangan riuh dari para warga SMAK Cor Jesu yang hadir di aula.
 

Tidak kalah menarik, presentasi kedua adalah penyampaian budaya Madura. Kelompok kedua menjelaskan seluk beluk kebudayaan Madura yang belum banyak diketahui orang. Bahkan salah satu siswa juga mengajarkan beberapa bahasa Madura. Ternyata Indonesia begitu kaya dengan budaya daerah ya.

Itulah keseruhan sharing budaya dari dua daerah yang berbeda. Semoga sharing budaya ini semakin menambah pengetahuan kita akan keanekaragaman budaya di Indonesia. Kita tunggu saja budaya apalagi yang akan dibagikan oleh kelompok lain. Kalau bukan kita yang melestarikan budaya daerah, lalu siapa lagi?

Share This Post

More To Explore

Berita

Entrepreneur Day Kelas XII Tahun 2023

“Menumbuhkan Semangat Wirausahawan Muda SMACO”   4 Desember 2023 merupakan hari Senin pertama setelah PAS (Penilaian Akhir Semester) ganjil 2023/2024 berakhir. Di hari tersebut seluruh

Pusat Layanan