Pesona Nusantara, Pesona Indonesia

SMAS Katolik Cor Jesu memiliki cara unik dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda melalui kegiatan Pesona Nusantara yang kali ini mengusung tema Bhinneka Tunggal Ika.
Pesona Nusantara diawali dengan upacara bendera. Seluruh guru dan siswa berpakaian adat.


Selanjutnya, digelar pentas seni khas berbagai daerah di Indonesia. Masing-masing kelas menampilkan pentas seni sesuai budaya yang harus mereka tampilkan. Ada yang menampilkan drama legenda daerah, tarian tradisional, dan lagu daerah. Total seluruhnya ada 17 penampilan. Selain itu juga ada fashion show pakaian adat Indonesia.

​Berbagai kesenian daerah yang dibawakan siswa benar-benar menggambarkan keragaman dan keindahan Indonesia. Tahun ini budaya yang ditampilkan adalah kebudayaan Dayak, Manado, Papua, Malang, Padang, Toraja, Bali, Ambon, Tionghoa, Betawi, Aceh, Kupang, Sunda, Flores, Batak, Jawa Tengah, dan Madura.

​Itulah pembelajaran yang ingin ditanamkan pada siswa SMACO, yaitu menyadari bahwa meskipun tiap daerah berbeda, namun semuanya bisa bersatu. Inilah keindahan Indonesia yang diperjuangkan oleh pendiri negara kita. Sebagai generasi muda, kita wajib merawat dan menjaga keindahan dan kesatuan permata Indonesia.

Share This Post

More To Explore

Berita

Entrepreneur Day Kelas XII Tahun 2023

“Menumbuhkan Semangat Wirausahawan Muda SMACO”   4 Desember 2023 merupakan hari Senin pertama setelah PAS (Penilaian Akhir Semester) ganjil 2023/2024 berakhir. Di hari tersebut seluruh

Pusat Layanan